NqZ8Map7MGJ9MqtdMap7NaBdMTcsynIkynwbzD1c

Design Karoseri Truk & Maintenance Service

BLANTERLANDINGv101
2057965446807963604

Design Karoseri Truk & Maintenance Service

9/12/2020

 


Karoseri Truck 


I. Sejarah singkat 

Karoseri berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disampaing kendaraan khusus seperti ambulans, pemadam kebakaran.

Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminiumkaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre).


(Sumber Wikipedia Karoseri )


II. Macam-macam Karoseir


1. Bus

2. Ambulans & Pemadam

3. Dump Truck

4. Tangki

5. Wingbox 

6. Refrigerator Box

7. Alumunium Box


III. Proses Alur Manufactur Karoseri


1. Setiap perusahaan karoseri harus memiliki surat izin untuk merancang dan memodifikasi sebuat truck yang akan di gunakan. Agar terhindar dari ODOL (Over dimension Over Loading) maka setiap rancangan harus diajukan terlebih dahulu di Kementrian Perhubungan. Ada beberapa hal dan surat-surat yang harus dipenuhi yaitu
- Rancang Bangun

- SKRB

- SRUT


2. Tahap Design manufaktur adalah hal yang paling penting, karena ini akan mempengaruhi proses produksi dan cost yang dikeluarakan nantinya dan tentunya akan berdampak dalam perhitungan nilai jual produk yang akan kita produksi. 


3. Tahap Produksi selanjutnya hal yang sangat penting untuk mengahasilkan produk yang berkualitas, sebagus apapun design yang dibuat inilah hal yang paling penting dalam proses produksi. Beberapa hal penting dalam proses produksi yanitu metodi dalam produksi, sistem manufatur seperti apa yang di pakai, Mesin produksi dan tentunya SDM yang ahli. 


4. Sales and Marketing. 
Majunya sebuah perusahaan karoseri tentu berada di ujung tombak hasil produksi yaitu seling. Ini sangat penting untuk diperhatikan sebagai upaya untuk keberlangsungan perusahaan. 




Ada beberapa hal yang akan saya tulis mengenai karoseri di postingan berikutnya,
Kami memiliki pengalaman dibidan industri karoseri 
Apa yang saya tuliskan sebagian konsep umum, untuk lebih detailnya silahkan email pertanyaan anda mengenai karoseri bila ada yang ingin ditanyakan.  

kami menerima Jasa desing karoseri mulai dari Konsep, Rancang Bangun, Pengurusan SKRB.
Bila membutuhkan vendor komponen-komponen karoseri baik lokal maupun import silahkan menghubungi kami.

Kontak Kami




BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang