NqZ8Map7MGJ9MqtdMap7NaBdMTcsynIkynwbzD1c

Cara Membuat: Bentangan Plat Sebelum di Bending (Pemula)

BLANTERLANDINGv101
2057965446807963604

Cara Membuat: Bentangan Plat Sebelum di Bending (Pemula)

9/02/2018

Cara Membuat Bentangan Plat Sebelum di Bending.

 

 

 

 

Membuat bentangan plat berfungsi untuk mengetahui cara menentukan luas plat yang kita butuhkan dan juga menentukan ukuran garis bending atau tekuk pada Inventor.

Langsung saja kita mulai 

1. Pertama masuk ke Inventor (saya menggunakan inventor 2016)
2. Kemudian pilih Templates, Metrik, Sheet Metal (mm).ipt
3. Buat profil yang akan kita buat dan akan dibending, sebagai contoh saya akan membuat profil braket untuk mesin alat berat.
Gambar 1.A


4.  Nah pada gambar 1.A langkah ini adalah proses pembuatan profil. Untuk detail pembuatan sheetmetal akan saya jelaskan di artikel berbeda.


5. Proses pembuatan profil belum selesai, karena selanjutnya kita akan membuat bendingan pertama dan kedua. Lihat gambar dibawah ini.

Gambar 2.A
Gambar 3.A


6.Selanjutkan kita membuat profil tersebut, dan melakukan sedikit modifikasi dengan menggunakan perintah extrude cut dan Fillet, maka akan didapatkan hasil seperti gambar dibawah ini.

 7. Langkah terpenting sesuai judul yaitu membuat BENTANGAN PLAT SEBELUM DIBENDING, yaitu dengan cara mengatur ketebalan plat terlebih dahulu 


Setelah mengatur tebal plat, kita tinggal melakukan klik pada tool "Go To Flat Pattern"

 Setelah klik tools tersebut akan tampillah bentangan plat dana kita dengan mudah akan mengetahui luat kebutuhan plat yang akan kita gunakan saat produksi nanti.

Mudah bukan untuk mengetahu bentangan plat dari profil yang sudah kita buat, ini kita dapat aplikasikan pada proses produksi terutama untuk garis bending (dapat lihat garis putus-putus berawana kuning).

Sampai disini artikel cara membuat bentangan plat, semoga bermanfaat.
Silahkan bila ada masukan dan pertanyaan bisa memlui kolom komentara ataupun email.


Terimakasih.

Salam CAD
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang